Senin, 26 Mei 2014

PANCASILA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI (tulisan 2)



         Pancasila adalah dasar Negara yang seharusnya dapat kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai mana yang kita ketahui pancasila terdiri dari lima sila yang dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari kita, sebagai contoh sila pertama yang berisi ketuhanan yang maha esa yang dapat di artikan sebagai setiap manusia berhak memeluk agama masing-masing dan beribadah menurut agamanya masing-masing tanpa ada paksaan dan dapat saling menghormati .

            Sila kedua yang berisi kemanusian yang adil dan beradab yang berarti setiap manusia tidak boleh membeda-bedakan status sosial dan harus bersikap adil kepada setiap manusia, karena setiap manusia memili hak yang sama di dalam suatu Negara. Sebagai contoh setiap orang wajib menghargai pendapat orang lain tanpa harus membeda-bedakan status sosialnya dan menjujung nilai kemanusian serta saling tolong menolong.

            Sila ketiga persatuan Indonesia yang dapat di artikan setiap warga Negara tidak boleh membeda-bedakan suku, agama, dan ras dalam kehidupan sosial. Sebagai contoh dalam pemilihan kepala daerah setiap warga Negara tidak boleh menbeda-bebakan sosok agama ataupun ras calon pimpinan kepala daerah itu tetapi yang harus di lihat adalah kemampuan dan keahlian dalam memimpin suatu daerah karena setaip warga Negara memiliki hak yang sama dalam suatu Negara.

Sila keempat kerakyatan yang dipimpi oleh hikmat kebijaksanaan dalam pemusywaratan perwakilan dapat di artikan setiap warga Negara mempuynyai kedudukan yang sama dan hak serta kewajiban yang sama dalam suatu Negara, yang dapat di contohkan setiap warga Negara dapat mengutamakan kepentinagn Negara dan masyarakat, serta tidak boleh memaksakan kehendak kepada orang lain, serta dalam mengambil keputusan harus mementingkan kepentingan bersama.

Sila kelima keadilan social bagi seluruh rakyat Indonesia dapat di artikan mengemban keadilan terhadap sesama serta dapat saling menghormati hak orang lain. Sebagai contoh dapat bersikap adil dalam memutuskan sesuatu, menghargai hak orang lain serta saling tolong menolong sesama.



           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar